0

Bermain bersama Clay…!!!

Hei Clay, apa kamu siap untuk bermain bersama adik-adik di sekolah terbuka Sabtu ini?         
Siap?

Yeah…!!! Terimakasih atas kesediaanmu membantu adik-adik di sekolah untuk lebih kreatif dan berani.. ^o^

Hei..hei..!!! emang Clay itu siapa? 
Kakak baru yang akan bermain dengan adik-adik?

Yup, benar..!! Kakak yang satu ini sangat unik, dia gak bakal marah kalau adik-adiknya merubah bentuknya, menginjak, memencet, atau apapun yang akan dilakukan adik-adik terhadap Clay. Clay hanya akan tersenyum dan diam. Benar-benar memberikan kebebasan bagi adik-adik untuk berbuat apa. Penasaran siapa sebenarnya si Clay??

Hehe…
Kamu akan tahu siapa dia kalau kamu ikutan bergabung dengan kegiatan ini! =p

He-eh..!!
Kita akan menghabiskan waktu bersama Clay…!! Tentunya juga akan menghasilkan karya-karya baru bersamanya. ^^

Kemon, merapat 8 Maret 2014, di sekolah terbuka. ^^v
Beri sedikit warna di hari Sabtumu bersama Clay.. =D

Adik-adik kelas 3, seperti biasa, akan melakukan uji coba UN. Kali ini materi IPA..!!
Kita bantu mereka untuk berani mengerjakan soal-soal itu..!! Yeaaah!

 

Salam Hepi,
-Ipehthepooh-
Bogor, 5 Maret 2014

Advertisements
1

Pantai Imajinasi

Salam semangat, Gengs..!!!
Bogor masih mendung, bagaimana di tempatmu?
Semoga mendung ini tidak menghambat kita untuk terus bergerak dan berkarya.. ^^

Ternyata kita akan segera memasuki bulan ketiga di tahun 2014. Waktu memang konsisten, terus berjalan. Kalau kamu? =D

Oke!
Sabtu ini, 1 Maret 2014, kita bersama adik-adik akan bermain ke PANTAI!! Kita akan menyelam, berselancar, membuat istana pasir dan melakukan segala hal yang biasa dilakukan di pantai! Horeeeeee \(^o^)/

Tapi…. pantai yang akan dikunjungi adik-adik SMPN 1 Terbuka berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pantai yang akan mereka kunjungi adalah pantai dengan lautan cerita, berpasirkan kata, dan terdapat satu kapal selam yang siap membawa membawa mereka menelusuri isi lautan.

PANTAI IMAJINASI, namanya.

Pertama-tama, adik-adik akan memasuki kapal selam yang sangat buesar dan menyelam mengarungi imajinasi masing-masing. Dengan kapal selam berbentuk alam terbuka yang luuuuass serta bahan bakar kertas dan alat tulis, kita akan mengajak adik-adik melakukan perjalanan menyenangkan di dalam lautan cerita, lalu menuangkan hasil penyelaman mereka yang berupa tetesan-tetesan kata.

Buat puisi lagi kak?

Ne..ne..ne..!! Bukan.
Kali ini kita akan memberikan kebebasan kepada adik-adik. Bebas menulis dan menuangkan apa yang ada dalam pikiran mereka ketika melihat suatu kejadian. Kejadiannya sendiri dituangkan dalam bentuk gambar, (hmm.. kalau di pantai mungkin bisa dikatakan itu adalah pemandangan pantai). Artinya, adik-adik merepresentasikan penilaiannya terhadap sesuatu dalam dua wadah: gambar dan tulisan. Pasti dong, setiap orang memiliki pandangan masing-masing dalam melihat suatu kejadian. Nah, pengen tahu apa yang ada dalam pikiran adik-adik kita dalam melihat suatu kejadian itu? Yuk, kita pantengin hari Sabtu..!!

Yang jelas, tidak hanya itu kegiatan kita besok. Setelah puas menyelam, kita akan kembali ke daratan lalu bersiap-siap untuk melakukan olahraga air: Berselancar! Ahaa.. Kita akan berselancar bersama “ombak cerita”. Dilihat dariprakiraan cuaca”, ombak cerita yang akan kita temui esok berupa dongeng. Jadi, masih aman untuk pemula seperti adik-adik kita. Hahaa..

Yongkru..!! Kita akan membacakan beberapa “dongeng” tentang sains dan sejarah kepada adik-adik. 😀

Capek berselancar? Tenang. Masih ada pantai berpasir kata yang sedang menanti untuk dirangkai membentuk istana pasir. Yoi!! Setelah mendengarkan “dongeng”, adik-adik akan kembali menuliskan dongeng-dongeng itu menurut versi mereka: membangun “istana pasir”! ^o^

Sebagai penutup kegiatan hari itu, seperti yang biasa terjadi di pantai setelah lelah seharian bermain air, kita juga akan mengakhiri hari indah di Pantai Imajinasi dengan acara “bakar-bakar”. Ikan yang akan kita bakar di Pantai Imajinasi adalah semangat untuk menang! Karena kita akan bermain tebak kata untuk melengkapi kalimat sehingga membentuk kalimat yang sempurna dan bermakna.

Hmm.. rasanya kurang kalau “bakar-bakaran” tidak disertai lantunan lagu dan genjrengan gitar. So, how about sing a song? Or songs? Well, kita akan kembali bernyanyi bersama. Seperti biasa, lagu yang akan kita bawakan adalah lagu kece dari bahasa bergengsi internasional. Yaps! English Songs! Sepertinya lagu I Have a Dream-nya om Westlife cocok nih untuk dinyanyikan di Pantai plus dijadikan bahan untuk bermain tebak kata.

Mau tahu gimana serunya kita bernyanyi? C’mon, join us..!!

Sssstt!!

Adik-adik Kelas 3, Sabtu ini, akan uji coba UN Bahasa Indonesia. Kita doakan dan bantu mereka sama-sama, yuk! ^^

 

Gak bosan-bosan deh, tim Hepi-Hepi Berbagi ngajakin kamu-kamu yang membaca tulisan ini untuk bergabung dalam kegiatan ini.Karena…

 “dengan mengajar kita akan belajar
 dengan berbagi kita akan berarti
 dengan melangkah kita akan berubah”

Kami tunggu kedatanganmu, 1 Maret 2014. 🙂 🙂 🙂

Salam Hepi,
-Tim Hepi-Hepi Berbagi-
27 Februari 2014

0

Expresikan Dirimu..!! Eps.3

Rangkaian cerita dan materi tentang mengexpresikan dirimu dalam drama, musik, puisi dan menggambar untuk bulan ini segera selesai.
Enngg.. Bukan berarti kita gak bakal mengexpresikan diri lagi. Tentu dong..!! Mengexpresikan diri itu penting..!! Tapi akan kita kemas dalam bentuk lain. Huehehe…
Jadi buat kamu yang masih mau  melihat serunya kelas drama, puisi, dan menggambar masih ada kesempatan Sabtu ini, 22 Februari 2014. =D

Dan minggu ini akan lebih seru lagi…!!! Kenapa???

Iya dong..!!
Drama akan mementaskan hasil kerja keras selama 2 minggunya. Dimana? Di kelas? Eittss…!! Tentu tidak..!! Trus dimana? *tim lagi nyengir* Tentu di alam terbuka. Yup, mereka akan pentas di lapangan masjid dekat sekolah. Jadi siapa aja bisa dan boleh liat. Kita buktikan bahwa adik-adik kita itu udah mulai percaya diri dengan kemampuannya. Hehe…

Menggambar? Apalagi menggambar..!! Mereka juga akan bebas berimajinasi dengan apa yang mereka lihat di alam bebas. Seru gak sih?? =D

Puisi? Gak jauh beda. Panggung puisi juga di alam bebas. Yoa, adik kita akan membacakan puisi di lapangan. Kita akan mendengar suara lantangnya dan expresinya dalam membaca puisi. Semoga adik kita yang satu ini bisa jadi Chairil Anwar selanjutnya. ^^v

Yang musik? Yang musik?
Nah, untuk kelas musik, kita alihkan sebentar. Kemana? Ke soal matematika..!!
Kok?
Iya, kelas musik di dominasi dengan kelas 3. Dan sebentar lagi mereka akan bertempur dengan yang katanya “menentukan lulus gak lulusnya”. Jadi disini, kita akan membantu adik-adik kelas 3 untuk mempersiapkan diri agar amunisi untuk di medan perang itu cukup. Jadi kelas 3 minggu ini akan uji coba UN materi matematika. Dan untuk minggu-minggu selanjutnya. Kita akan melakukan TO dilanjutkan dengan pembahasan. Yup..!! Ini dilakukan agar mereka percaya diri dengan kemampuannya. Bahwa mereka itu bisa…!!!
Gak main “kembang kuncup” lagi dalam menjawab soal-soal. Hehe..
Kamu mau ikut membantu mereka? Dengan senang hati…!! Kedatanganmu itu akan sangat membantu mereka..!! =D

Trus? Trus? Trus?
Setelah kelas drama, menggambar dan puisi selesai dengan misinya masing-masing, akan dilanjutkan dengan persiapan awal untuk misi “rahasia” ini.

Penasaran ya??
Yuk ah, bergerak..!! Bangun dari tidur Sabtumu, lihat warna di sekolah terbuka..!! =D

Salam Hepi

-ipehthepooh-
Bogor, 20 Februari 2014

0

Expresikan Dirimu..!! Eps.2

Menyambung expresi minggu kemarin, minggu ini adik-adik masih akan mendapatkan pengetahuan baru tentang musik, drama, puisi dan menggambar..

tapi kali ini gak cuma sebatas itu,
kita juga akan mendiskusikan tentang misi “rahasia” kita tahun ini bersama adik-adik..!!
misi rahasia??
yup..yup..
kita bermain kan bukan hanya sekedar bermain, kawan..
tapi ada “goal” yang harus kita tuntaskan semester ini..

kamu mau tau?

Atau mau terlibat dalam misi “rahasia” ini?

Kalau begitu, tunggu apalagi?

Yuhuu..!!
yuk mari, 15 Februari 2014 di sekolah terbuka..
^o^

Salam Hepi,
-ipehthepooh-
Pondok Petir, 14 Februari 2014

0

Expresikan Dirimu..!!

Salam expresi..!!!

Hai hai, hallooo! =D

Sebelumnya, tim Hepi-hepi Berbagi mau minta maaf baru bisa ngepost lagi, sebab ada satu dan lain hal yang musti diurus pleh tim yang superrrr (sok) sibuk :p hehee..

Yak! Jadi langsung ajaaa…

Kabar terbaru untuk Sabtu besok, 8 Februari 2014 adalah waktunya adik-adik kita mengexpresikan diri…!!!

Mau tau gimana adik-adik kita mengexpresikan diri dalam drama, musik dan gambar?
Yuk ah, langsung aja datang ke sekolah..!!!
Kita sama-sama akan mengexpresikan diri…\^o^/

Salam Hepi,
-ipehthepooh-
Depok, 7 Februari 2014

0

Sing A Song

Kemon, Kawan..!!

Mari merapat untuk menyanyikan sebuah lagu dalam bahasa dunia: Bahasa Inggris..!!

Yoii..!! Siapa bilang belajar Bahasa Inggris itu membosankan? Mungkin iya, tapi tidak kalau di sini..!! Di sini kita akan menghabiskan waktu 2 jam pertama untuk bernyanyi, menghapal kosakata dengan bernyanyi. So, c’mon..!! Let’s sing a song together..! =D

Bahasa Inggris memang bahasa dunia. Langkah untuk melihat dunia. Tapi kita nggak bisa melihat dunia kalau “jendela” nya gak kita buka..!!

Yuhuuu…!! Kita akan membuka jendela dengan membaca. Kali ini tema kita adalah “anak-anak desa” yang oke punya. Ada di Indonesia yang dengan kegigihannya dapat melakukan perubahan. Tidak hanya di masanya, tapi juga dapat kita rasakan saat ini.

Yupp..!! Kamu tau R.A Kartini dan Ki Hajar Dewantara? Tidak??? Kalau begitu wajib bergabung di sini, Sabtu, 25 Januari 2014. Kita bersama adik-adik akan membaca dan mengulas sosok-sosok “anak desa” itu. Betapa hebatnya perjuangan mereka sehingga dapat melakukan suatu perubahan besar untuk bangsanya. Dengan begitu, adik-adik kita dapat bercermin dan membakar semangat baru bahwa mereka masih punya kesempatan untuk melakukan perubahan.

Mau ikut jadi saksi dan terlibat dalam melakukan perubahan yang kecil ini?? Tunggu apa lagi?? C’mon…!! Bangun dari tidurmu, dan bergerak ke sekolah untuk menebar semangat baru kepada agen-agen perubahan cilik ini..!! Oke..?!

See ya..!! ^o^

salam Berbagi,
-tawaade-
Depok, 24 Januari 2014

0

“ssstt…Einstein aja nggak tau..!!”

Ohayoo… minnaa…!!
Selamat pagi kawan-kawan…!!
Hujan yang mengguyur belakangan ini semoga tidak membuat kita malas bergerak ya. Hehe…!!

Yup, tim Hepi-Hepi Berbagi kembali hadir dengan rencana kegiatan yang akan kita lakukan Sabtu ini, 18 Januari 2014.
Apa? Apa? Apa? Penasaran? Mau gabung?? Dengan senang hati, adik-adik selalu menunggu kakak-kakaknya. ^^

Yup, kita akan mencoba mengalahkan Einsten kali ini..!! Tau dong siapa Einsten? Yang terkenal dengan rumus relativitasnya.

Dan kali aja Einstein nggak tau apa yang terjadi dengan percobaa-percobaan yang akan kita lakukan. Percobaannya apa? Kita kasih bocoran deh, ini tentang bunyi, magnet, dan tentang tumbuhan. Gimana ceritanya? Nggak bosan-bosan deh tim Hepi-Hepi Berbagi terus mengajak dan menanti kawan-kawan untuk turut serta secara langsung dan melihat keseruannya. ^^

Yup, adik-adik akan belajar untuk menemukan “sesuatu” dalam percobaannya. Dan ini akan membangkitkan keingintahuan adik-adik kita tentang apa aja yang terjadi disekitar kita. Dan tentunya akan membantu dalam pemahaman pelajaran.

Em..!! satu hari besok, kita full day bermain dengan percobaan dan soal-soal IPA.

Mau tau gimana respon dan wajah adik-adik di sekolah dengan kegiatan ini?

Yuk, gabung….!! Sabtu, 18 Januari 2014 di SMP 1 Ciampea Terbuka =D

 

Kita akan sampai pada tujuan jika terus melangkah. Mungkin akan membosankan, tapi selalu ada cara untuk membuatnya jadi menyenangkan. Hidup terlalu singkat jika sibuk dengan diri sendiri.

=D

 

Salam Hepi,
-ipehthepooh-
Bogor, 15 Januari 2014